Manfaat Batang Secang Meningkatkan Stamina Tubuh

BATANG SECANG
================>>
Batang secang merupakan jenis batang yang telah lama dibudidayakan untuk komoditi rempah-rempah. Batang tanaman ini memiliki warna kemerahan karena mengandung senyawa brazilin, yaitu senyawa yang sering digunakan sebagai pewarna alami. Kayunya memiliki aroma yang begitu khas sehingga sering diekstrak sebagai bahan utama minyak atsiri.Dan jika kita teliti dalam manfaat serta khasiatnya ternyata batang secang memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Titan Gel yaitu selain untuk bisa jadi pewarna batang secang juga mampu membangkitkan stamina keperkasaan jaringan organ vitalitas secara alami dan maksimal . Tanamanb Secang ini bayak tumbuh di Asia Tenggara termasuk juga Indonesia. Selain itu, tanaman secang juga banyak tumbuh India, Malaysia dan Pasifik.

Kayu secang, mungkin beberapa dari kita sudah familiar dengan salah satu jenis rempah-rempah yang berasal dari Indonesia ini. Ya, kayu secang, atau yang bernama latin Caesalpinia Sappan L merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang dimanfaatkan kulit kayu dan batang kayunya, sebagai bahan rempah. Buah secangnya merupakan salah satu jenis polong-polongan.
ads

Klasifikasi Ilmiah Tanaman Secang

manfaat kayu secangKayu secang sendiri merupakan jenis tanaman yang tumbuh subur pada daerah asia tenggara, termasuk di indonesia. Berikut ini adalah klasifikasi ilmiah dari kayu secang :

    Kingdom     : Plantae
    Divisi      : Angiospermae
    Genus       : Resales
    Spesies     : Caeselpinia Sappan L

Sejak zaman dahulu kira-kira abad ke -17, kulit kayu secang sudah menjadi komoditas rempah-rempah yang populer dan banyak dicari oleh orang. Ukuran pohon secang ini bisa mencapai tingi hingga 6 meter dan memiliki batang yang berbentuk silinder berwarnaa kecoklatan.

Aneka manfaat minuman yang terbuat dari batang kayu secang tersebut dijabarkan sebagai berikut.
1. Antioksidan

Batang secang mengandung polifenol, yaitu zat memiliki sifat antioksidan dan menangkal radikal bebas. Tidak hanya itu, batang tanaman ini juga mengandung flavonoid yang memiliki fungsi sama dengan polifenol.

2. Meningkatkan efektiftas penyerapan Vit C

Manfaat batang secang lainnya adalah untuk meningkatkan penyerapan vit C dalam tubuh. Jika vit C dilakukan secara efektif, secara otomatis tubuh akan lebih tahan terhadap penyakit.

3. Menyehatkan dinding usus

Batang secang mengandung tannin, yaitu senyawa kompleks yang memiliki sifat anti-bakteri. Jika dikonsumsi secara rutin, kandungan  tannin  dalam batang kayu ini dapat memperbaiki kondisi dinding usus, terutama jika usus mengalami peradangan atau infeksi bakteri.

4. Mengobati diabetes tipe II

Saponin merupakan zat yang memberikan rasa pahit pada tanaman. Ciri utama tanaman yang mengandung saponin adalah berbuih jika dicampur dengan air. Salah satu manfaat saponin yang terdapat pada batang secang adalah untuk meningkatkan kinerja insulin sehingga membantu penyembuhan diabetes tipe II

5. Menurunkan resiko serangan jantung

Seperti yang dibahas sebelumnya, salah satu manfaat batang secang adalah untuk meningkatkan penyerapan vit C dalam tubuh. Jika vit C dapat diserap secara optimal, maka pembuluh darah arteri pada jantung tidak akan menebal. Itulah sebabnya batang kayu ini dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Pemanfaatan dan khasiat kayu secang yang tergolong banyak, namun masih memiliki beberapa manfaat tambahan. Manfaat tambahan ini diperoleh melalui kandungan zat-zat kimia dan mineral, serta nutrisi yang terkandung di dalam kayu secang. apa saja kandungan zat dalam kayu secang? Berikut ini adalah kandungan zat pada kayu secang :

1. Brazilin – Seperti sudah disebutkan sebelumnya, brazilin merupakan salah satu jenis pewarna alami yang dimiliki oleh kayu secang dan memberikan pewarna merah. Biasanya warna merah ini digunakan pada cat dan pewarna.

2. Polifenol – Manfaat kayu secang juga memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol sendiri merupakan salah satu zat yang merupakan manfaat antioksidan dan penangkal radikal bebas, yang seperti terkandung pada manfaat teh hijau.
ads

3. Flavonoid

Flavonoid merupakan jenis pigmen pada tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa manfaat senyawa flavonoid di dalam tubuh kita :

    Meningkatkan efektifitas manfaat vitamin C, yang diserap oleh tubuh
    Merupakan zat antioksidan
    Dapat berfungsi sebagai antibiotik alami
    Dapat menangkal radikal bebas

Kayu secang merupakan tumbuhan yang dikolompokkan kedalam rempah asli indonesia, Kayu secang mempunyai nama latin Caesalpinia Sappan L dan di indonesia sendiri rempah-rempah yang satu ini memiliki banyak julukan diantaranya : sepang, sopang, cacang, soga jawa, Dll.

Ciri-ciri Kayu Secang

Sebelum mengetahui mafaat dari kayu secang, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu ciri dari tumbuhan yang satu ini, tujuannya ialah supaya anda tau lebih jelas mana secang mana yang bukan.

Pohon: Tanaman secang memiliki tinggi antara 3 hingga 6.5 meter pada umumnya, sedangkan batangnya mirip dengan silinder dan berwana kecoklatan, keunikan dari batang secang yaitu dapat mengeluarkan cairan merah mirip dengan darah.

Daun: ciri daun dari tumbuhan secang yaitu menyirip ganda dan memiliki ukuran 25 s.d 4,2 CentiMeter (cm) berwarna kehijau-hijauan.

Bunga: Bunga dari tanaman secang atau sepang mempunyai bentuk bunga yang tersusun malai dengan ukuran 10 s.d 40 cm, biasanya berada pada bagian ujung batang.

Manfaat kayu secang untuk kecatikan sangat banyak antara lain: sebagai antioksidan alami, meremajakan kulit, dapat menangkal radikal bebas, mengobati pendarahan, obat untuk jerawat berbagai obat untuk penyakit kulit (gatal, kudis, kurap biang keringat), antiseptic.
Untuk kecantikan cara menggunakan kayu secang cukup mudah dan bisa dibilang sangat gampang. Kita tinggal merebus kayu secang dengan air setelah itu air rebusan kyu secang digunakan untuk membasuh bagian tubuh yang bermasalah. kayu secang juga bisa dijadikan sebagai mandi untuk mengobati biang keringat dan penyakit kulit lainnya. Tidak hanya itu saja kayu secang bisa juga digunakan untuk mandi sauna yang khasiatnya untuk melembutkan kulit.

Batang secang nampak bergerigi dan berwarna keabuan. Namun, bagian dalam kayu secang berwarna merah. Manfaat secang biasanya diserut lalu  dijadikan sebagai bahan minuman. Cara mengolahnya adalah dengan direbus bersama air hingga air rebusan berubah menjadi merah. Minuman yang dibuat dari secang ternyata bukan hanya sekedar minuman. Ada banyak manfaat dari minuman yang terbuat dari kayunya, terutama bagi kesehatan tubuh.

Secara fisik, tanaman secang memiliki bentuk kecil dan digolongkan sebagai tanaman perdu. Tanaman ini memiliki bunga kecil berwarna kuning. Daunnya tergolong menyirip berganda dan hampir mirip dengan daun petai cina, hanya saja memiliki ukuran yang lebih besar. Tanaman ini memiliki biji sejenis polong-polongan. Bijinya berbentuk bulat memanjang dan berwarna hijau.

Demikian ulasan mengenai manfaat kayu secang untuk kecantikan. Melalui ulasan ini diharapkan masyarakat lebih mengenal tentang rempah-rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan termasuk dari manfaat kayu secang. Semoga ulasan diatas bermanfaat

tulah beberapa manfaat yang dapat anda peroleh dari kayu secang. secang merupakan tanaman rempah Indonesia, yan sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita, dan tentu saja harus kita lestarikan. Nah, sudah tau kan manfaatnya kayu secang ini? kita bisa memperoleh manfaatnya dengan optimal, dengan membuat wedang secang yang ditambahkan dengan rempah-rempah lainnya

Komentar